Rabu, 20 Juni 2012

Imajinasi Modifikasi CBR 250 jadi CBR 1000 Repsol

Ngerasa "ga sreg" liat tampilan motor import CBR 250R dengan baju yang kurang sporty dibanding kakak - kakanya ( CBR 600RR n CBR 1000RR ), jadi saya coba iseng ganti baju alias modifikasi total.

Gambar1 : CBR 250R ori

Gambar2 : CBR 1000RR Repsol

Dengan mempertimbangkan skala diameter Velg dari gambar CBR 250R dengan CBR 1000RR maka jadilah hasil modifikasi seperti ini :
Spesifikasi Modifikasi:

  1. Body
Soal body, kita bisa bikin sendiri (coba-coba) atau beli yang udah jadi. Kalau memang niat coba-coba bisa kita bentuk sendiri body CBR 1000RR dari ram kawat alumunium supaya gampang ngebentuknya. Baru dilapis fiber + adonan resin n katalis (cari di google). Saya sendiri pernah bikin kondom tanki buat Ninja RR sendiri supaya lebih gede, berhasil sih, cuma ga rapih kalo di liat dari deket.. hehehe.
Kalo punya budget cukup mending beli jadi yang bahannya Plastik ABS, pastinya lebih rapih n lebih kuat. Kisaran harga 4jt an check disini
Karena CBR 250RR ga punya deltabox jadi kita bisa buat sendiri pake fiber (akhirnya balik lagi ke fiber) tapi itu optional aja biar maksimal.
Kalo kita beli body jadi, biasanya dapet undertail completenya, tapi kalo enggak, ya mau ga mau harus motong body asli biar kelihatan ramping pantatnya.
Knalpot / Exhaust ga perlu ganti juga bisa, tinggal tambah penutup bawahnya, ga keliahatan beda kok sama knalpot asli CBR 1000RR.
Drive Position asli CBR 250R kan lebih bergaya sport touring alias di desain untuk harian biar ga pegel, nah kita akalin pasang setang jepit di bawah segitiga atas. dengan syarat body head lamp ke samping harus sesuai dulu, kalo enggak pasti mentok.
Satu lagi, jangan lupa celah di body CBR 1000RR bakal kliatan kosong, karena mesin CBR 250R ga sebesar mesin CBR 1000RR (jelas lah). Untuk itu kita akalin pasang ram kawat alumunium lapis dobel supaya ga kelihatan kosong banget.
Tinggal nambah duit dikit beli head lamp limbah n spionnya, jadi dah.

  1. Kaki – Kaki
  2. Tambahan